Workshop Penyusunan SOP

Category : Pendidikan

ADAPTASI STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL TINGKAT UNIVERSITAS DAN FAKULTAS DI JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

Dalam rangka peningkatan mutu manajemen dan layanan Jurusan Pendidikan Biologi yang mencakup seluruh aspek yaitu bidang akademik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan informasi diperlukan suatu prosedur operasional yang jelas dan terstandar bagi semua pihak yang terlibat. Praktik-praktik baik yang telah berlangsung di Jurusan Pendidikan Biologi perlu distandarisasi dan didokumentasikan agar menjadi acuan bagi manajemen dalam menjalankankan tugas dan fungsinya serta menjamin keberlangsungan implementasi praktik-praktik baik tersebut.

Standard Operating Prosedur (SOP) pada dasarnya adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan, serta penggunaan fasilitas-fasilitas proses yang dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi berjalan secara efisien dan efektif, konsisten, standar dan sistematis. Berbagai SOP yang telah disusun di tingkat Universitas dan diturunkan di tingkat fakultas merupakan pedoman yang masih bersifat umum dan menjadi rujukan bagi pelaksanaan kegiatan di Jurusan Pendidikan Biologi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka diperlukan standar turunan yang berisi pedoman dan uraian teknis tentang apa yang harus dilakukan, kapan hal tersebut dilakukan, dan siapa yang melakukannya dalam bentuk narasi dan atau disusun dalam satu set instruksi (flow chart) mengenai kegiatan rutin atau kegiatan yang sering dilakukan di Jurusan Pendidikan Biologi. SOP ini merupakan bukti komitmen Jurusan Pendidikan Biologi untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan menyusun SOP dalam bentuk dokumen tertulis sebagai pedoman yang dapat dipahami semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.

Kegiatan Workshop Penyusunan SOP “Adaptasi Standar Prosedur Operasional Tingkat Universitas Dan Fakultas Di Jurusan Pendidikan Biologi” ditujukan bagi para Dosen Pendidikan Biologi. Kegiatan workshop ini bertujuan untuk menyusun SOP di tingkat Jurusan Pendidikan Biologi dalam rangka meningkatkan peningkatan mutu manajemen dan layanan Jurusan Pendidikan Biologi. Narasumber kegiatan adalah

Dr . Rusmana M. P (Ketua LP3M UNTIRTA)

Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE., MM. (Kepala Kantor Audit Internal IPB)


Leave a Reply

Search

Search