Workshop Payung Penelitian dan Peningkatan Mutu Penelitian Pendidikan Biologi

Category : Pendidikan

Penelitian merupakan salah satu tugas pokok dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga sebagai bagian dari standar 7 borang akreditasi. Standar ini adalah acuan keunggulan mutu penelitian, pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama yang diselenggarakan untuk dan terkait dengan pengembangan mutu perguruan tinggi.

Penelitian adalah salah satu tugas pokok perguruan tinggi yang memberikan kontribusi dan manfaat kepada proses pembelajaran, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Perguruan tinggi harus memiliki sistem perencanaan pengelolaan serta implementasi program-program penelitian yang menjadi unggulan. Sistem pengelolaan ini mencakup akses dan pengadaan sumber daya dan layanan penelitian bagi pemangku kepentingan, memiliki peta-jalan (road-map), melaksanakan penelitian serta mengelola dan meningkatkan mutu hasilnya dalam rangka mewujudkan visi, melaksanakan misi, dan mencapai tujuan yang dicita-citakan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi menciptakan iklim yang kondusif agar dosen secara kreatif dan inovatif menjalankan peran dan fungsinya sebagai pelaku utama penelitian yang bermutu dan terencana. Agar dapat meningkatkan mutu penelitian dosen khususnya dosen yang berada di Jurusan Pendidikan Biologi, maka diperlukan pelatihan atau workshop mengenai peningkatan mutu penelitian dosen.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 oktober 2018 di Hotel Le Semar dengan narasumber dari Universitas Lampung dan Universitas Negeri Jakarta yaitu

Dr. Rizhal Hendi, M.Pd.

Dr. Suyartso, M.Biomed. unila


Leave a Reply

Search

Search