Workshop Pengembangan Penilaian Berbasis Proses

Category : Pendidikan

Peningkatan kualitas mutu  pendidikan merupakan suatu proses yang dilaksanakan secara dinamis dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Nasional. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional, pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti halnya pengembangan dan penyempurnaan kurikulum, pengembangan materi pembelajaran, perbaikan sistem evaluasi, pengadaan buku dan alat-alat pelajaran, perbaikan sarana prasarana pendidikan, peningkatan kompetensi guru, serta peningkatan mutu pimpinan sekolah. Meningkatnya kualitas pembelajaran yang dilaksanakan di berbagai jenjang pendidikan akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, inovasi pendidikan secara berkesinambungan dalam program pendidikan termasuk program pembelajaran merupakan tuntutan yang harus segera dilaksanakan.

Jurusan Pendidikan Biologi sebagai pencetak calon guru Biologi di sekolah diharapkan mampu menerapkan dan membekali calon guru Biologi untuk mampu mengembangkan penilaian berbasis proses dalam pembelajaran Biologi. Ilmu Biologi sebagai salah satu cabang dari ilmu IPA diharapkan mampu melakukan penilaian hasil belajar dari  berbagai ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Mengingat pentingnya kemampuan mengambangkan instrumen penilaian maka dilakukan workshop pengembangan penilaian berbasis proses dalam pembelajaran Biologi. Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatnya pemahaman dosen Jurusan Pendidikan Biologi terhadap Penilaian berbasis proses dan mampu menyusun penilaian berbasis proses dalam pembelajaran Biologi .

Kegiatan Workshop Penilaian Berbasis Proses di selenggarakan pada tanggal 25 April 2 0 16 di Gedung Center of Excellent (CoE) Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Cilegon dengan narasumber Dr. Mimin Nurhajni dan Dr. Ana Ratna Wulan, M.Pd. (UPI )


Leave a Reply

Search

Search